Belajar Jarak Jauh Tetap Berprestasi !



Di era Globalisasi saat ini, sudah jadi rahasia umum kalau hidup itu makin susah, makanya banyak masyarakat yang giat banget bekerja. Lulus SMA , langsung kerja. Belum kuliah, udah pilih kerja dulu. Padahal banyak dari mereka yang bekerja ingin punya gelar pendidikan tinggi, mereka mau belajar di Perguruan tinggi, tapi waktu dan tenaga selalu benturan antara bekerja dan belajar di Kampus.

Namun sekarang, kamu-kamu yang pengen kerja dan punya gelar sarjana , gak perlu mengubur impian untuk dapetin gelar dan gak perlu sampai mengorbanin pekerjaan mu. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang, pemerintah Indonesia membuat Universitas Terbuka, yang bisa jadi harapan baru buat masyarakat di dalam maupun diluar negeri untuk kembali belajar dan memperoleh prestasi tanpa harus mengganggu pekerjaan.


Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

Universitas Terbuka , didirikan supaya dapat memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing, di mana pun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi; ,memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka; serta mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.

Universitas Terbuka merupakan salah satu inovasi pendidikan jarak jauh untuk Indonesia berprestasi.  System belajar jarak jauh dan terbuka dipakai oleh Universitas ini sebagai system pembelajarannya, yang artinya, mahasiswa dan dosen gak perlu tatap muka buat melakukan system belajar mengajar dan yang paling penting adalah, semua kalangan bisa daftar jadi mahasiswanya, syaratnya cuma satu kok, yaitu Lulus SMA.


Mahasiswa yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat, dari lulusan SMA , karyawan perusahaan, TKI , wiraswasta , bahkan sampai Pejabat, ini dapat belajar dari media-media yang disediakan.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, mahasiswa bisa belajar melalui Tutorial Online, Perpustakaan Online, Latihan Mandiri , Forum belajar dan dapat juga mendengarkan radio saat membahas materi. Semua itu bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, jadi sangat praktis dan menghemat waktu serta biaya.

Perpustakaan Digital
Latihan Mandiri




Walaupun melalui system jarak jauh, kualitas pendidikan di Universitas Terbuka tidak boleh diremehkan. Mahasiswa tetap memiliki tanggungjawab yang besar untuk bisa lulus, karena mahasiswa harus mengerjakan tugas yang diberikan, serta harus aktif dalam diskusi pembelajaran.
Untuk UAS , dilakukan pada hari minggu di sekolah negeri yang ditunjuk , jadi tak akan mengganggu jam kerja .
Mahasiswa juga dituntut untuk dapat membuat Karya Ilmiah sebagai syarat kelulusan.
Untuk program studi yang ditawarkan, UT memiliki pilihan FKIP, FEKON, FMIPA, FISIP serta Program Pasca Sarjana

Bicara soal prestasi, Mahasiswa UT tidak kalah lho dengan mahasiswa Universitas lainnya. Banyak dari mereka memiliki prestasi luar biasa, misalnya  Angi Yunanda Putri. Angi merupakan alumni UT Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen dari UPBJJ-UT Jakarta yang setelah lulus langsung di”tarik” oleh salah satu BUMN ternama di Indonesia.




Selain Angi, ada juga 6 mahasiswa berprestasi lainnya yang memperoleh kesempatan untuk bertemu Presiden. Mereka merupakan perwakilan mahasiswa UT penerima Beasiswa Bidikmisi.


Nah, ada juga Arifin, seorang mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Bengkulu, warga Desa Pasar Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Walau memiliki kekurangan fisik, beliau tetap bersemangat dalam menjalani pendidikannya di UT. Beliau memperoleh IPK 3,09 jurusan administrasi Negara.

Kalo yang ini, ada salah satu TKI mahasiswa UT yang berprestasi :D


Artikel lengkap klik gambar :)

Universitas Terbuka juga sering mengadakan lomba-lomba baik lomba di bidang akademik maupun non akademik lho.
contohnya di bidang akademik, ada lomba karya tulis dan di non akademik ada Blog Competition, lomba tenis meja dan lain-lain.



Saya sendiri merupakan Mahasiswi UT UPBJJ Solo jurusan Akuntansi. Sudah 3 semester saya belajar di Perguruan Tinggi ini. Kesan saya sih, saya puas dan nyaman dengan pembelajaran yang ada . belajar tanpa mengganggu pekerjaan saya. Pokoknya di UT itu, Bekerja YES, Prestasi OKE ! hehe. 

Oh ya, di Universitas Terbuka juga ada Bimbingan Belajar Mandiri lhoo ! Jadi kamu gak bakal keteteran deh . Di bimbingan belajar ini, kamu bisa dapet macem-macem tips yang bisa bantu kamu buat lebih mudah belajar, misalnya ada tips membuat catatan dan Tips menghadapi ujian. Semua kemudahan ini, bisa kamu lakuin jarak jauh, gak perlu buang waktu dan tenaga yang lebih buat Berprestasi :D


Gimana, tertarik buat belajar jarak jauh tapi tetap berprestasi?
Yuk daftar jadi mahasiswa-mahasiswi Universitas Terbuka!
Daftarnya juga bisa lewat online lhoo :D

Info pendaftarannya bisa kamu lihat di web UT



Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-30. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.“


Salam ,


Dwi Ayu

0 komentar:

Posting Komentar