Pelatihan penulisan

kemaren tanggal 19 oktober 2012 sekolah gw ngadain acara yang lumayan oke lumayan seru ma lumayan keren tapi manfaatnya gede banget.
acara itu yang ngingetin blog gw ini. hahaha.
selain ngingetin sama blog ini, acara itu juga ngebuat gw semangat nulis lagi. :)

acara itu adalahhhhh... #jengjengjengjeng

PELATIHAN PENULISAN :)

banyak orang yang bilang kalo nulis tu gampang, tapi padahal gak semua orang bisa nulis pake bahasa yang menarik orang. 
banyak yang gak bisa membuat orang tu gak nyambi kegiatan lain saat membaca tulisan mereka . termasuk gw. haha

pelatihan ini di kasih sama penulis yang udah terkenal yang katanya lulusan sekolah gw juga lhoo :)
nama nya Margareth Astaman #sori ya kak kalo salah tulis#,
gw pikir acara bakal ngebosenin ..
tapi ternyata nggak banget!
acara ini cukup buat gw melek lagi setelah sebelumnya ketiduran sama ceramahnya guru gw pas pelajaran. hahahaha

seperti nama acaranya, 
waktu itu gw diajarin sama Kak Margareth buat jadi penulis yang bener.
ngajarinya runtut banget. dan untungnya otak gw gak lemot-lemot banget. hahaha
gw ma temen2 diajari mulai dari cara cari ide, runtutan nulis sampe tips-tips lain tentang nulis dan blog.

berguna banget sih ya bagi gw ma temen-temen.
secara gw ma temen-temen sering diadepin pada tugas-tugas yang emang nuntut kita buat berkreatifitas nulis

dan gw mau ngasih info yang gw dapet buat kalian semua :)
yang pertama gw bakal kasih tau kalian cara cari ide yang disaranin sama Senior kita :)

cara cari ide sebenarnye gampang gampang susah tapi harus dilakuin. kenapa?
karena ide tu bakal jadi tema kita buat nulis. kalo gak ada ide trus kita mau nulis apa coba?

ide bisa didapet dari hal-hal kecil sekaligus, waktu kita denger musik, denger curhatan temen, waktu santai atau bahkan waktu kita lagi di toilet. dan itu bener lhoo. 
gw kmaren waktu di toilet dapet ide buat garap tugas puisi gw. hahahaha

abis cari ide, kita harus nulis!
nulis nulis dan nulis!
sayang banget deh kalo ide yang udah kita dapet gak kita manfaatin.
nah, buat nulis ide tu gak sembarangan juga.
kita harus bikin cerita yang gak hanya baik tapi juga harus menarik.

buat nulis, pertama-tama kita harus berdoa dulu. biar dikasih restu sma Tuhan :)
abis itu, kita kudu ngumpulin semua yang perlu kita bagi di tulisan tentang ide yang udah kita temuin.\
next, kita bikin poin-poin tentang apa yang kita kumpulin tadi. hapus yang gak perlu dan gak relevan sama id kita.
abis bikin poin , kita bikin artikel nya :) 
setelah itu, kita baru bikin judul.

kenapa bikin judul terakhir?
karena biar kita gak terpaku sama si judul dulu.
kalo judul kita buat pertama kali, kita secara langsung bakal gak ngembangin si judul .


mungkin itu doang yang bisa gw bagi in. 
karena cuma itu yang nyantol di kepala gw.
hahaha

saran sama kritik kalian gw butruhin banget buat perkembangan nulis gw.
so, isi yah kolom komentar di bawah :)
tengkyuuuu
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
suatu ketika cinta bertemu dengan persahabatan. cinta bertanya : mengapa harus ada kamu padahal sudah ada aku sudah cukup. persahabatan menjawab :karena ketika seorang terluka karena mu, aku dibutuhkan
-dwi-

0 komentar:

Posting Komentar